fixedbanner

Laman

Quote

Quote

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Quote

Search

Memuat...

Fungsi Dan Pengertian Peralatan Dasar Jaringan Komputer

BAB I PENDAHULUAN 1.1.

 Latar Belakang Saat ini komputer bukan hanya perangkat yang berdiri secara tunggal, tetapi komputer dapat bekerja pada system jaringa yang saling terhubung jaringan komputer sendiri adalah beberapa komputer saling berhubung dan saling berkomunikasi.
 Dalam suatu jaringan dapat memungkinkan komputer untuk saling berhubungan pada dua tempat atau lebih pada jarak yang jauh.

 1.2. Perumusan Masalah Dengan keterbatasan yang dimiliki penulis maka pembuatan makalah ini diberikan batasan masalahnya agar langsung mengacu pada intinya. Adapun batasan masalah dari pembuatan makalah ini antara lain: 1. Apa sajakah jenis-jenis peralatan dasar jaringan komputer? 2. Apa saja spesifikasi dari masing-masing peralatan dasar jaringan komputer? 3. Apa saja keunggulan dan kelemahan pada masing-masing peralatan dasar jaringan komputer? 1.3. Tujuan Masalah Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui: 1. Mengetahui jenis-jenis peralatan dasar jaringan komputer. 2. Mengetahui spesifikasi dari masing-masing peralatan dasar jaringan komputer. 3. Mengetahui keunggulan dan kelemahan pada masing-masing peralatan dasar jaringan komputer.

BAB II PEMBAHASAN 2.1.
HUB
Hub merupakan perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga dia hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung atau concentrator saja, dan hanya menguatkan sinyal di kabel UTP.

HUB tdk Mengenal MAC Addressing / Physical Addressing shingga tdk bisa memilah data yg harus ditransmisikan shingga collision tdk bisa dihindari dari penggunaan HUB ini Fungsi HUB dan Keunggulan hub • Memfasilitasikan penambahan penghilangan atau penambahan workstation • Menambah jarak network ( fungsi sebagai repeater ) • Menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda (Ethernet, Toket ring, FDDI) • Menawarkan featur yang fault tolerance ( Isolasi Kerusakan ) • Memberikan menegement yang tersentralisasi ( koleksi informasi, diagnostic)keunggulannya adalah dapat menghubungkan beberapa komputer. -Kekurangan Hub adalah karena dapat berbagi jalur yang sama maka kecepatan komunukasinya juga harus dibagi dengan hub lainya. Spesifikasi Hub dengan spesifikasi 10/100Mbps harus berbagi bandwidth dengan masing-masing port.

Jadi ketika hanya satu PC yang menggunakan, akan mendapat akses bandwith yang maksimum yang tersedia. Namun, jika beberapa PC beroperasi atau di gunakan pada jaringan tersebut, maka bandwidth akan dibagi kepada semua PC, sehingga akan menurunkan kinerja jaringan
2.2. SWITCH 
Pengertian Jaringan switch atau hub switching adalah perangkat jaringan komputer yang menghubungkan segmen jaringan atau perangkat jaringan. Switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge. Fungsi Switch adalah perangkat telekomunikasi yang menerima pesan dari perangkat yang terhubung dengannya dan kemudian mengirimkan pesan hanya untuk perangkat yang pesan dimaksud atau sebagai sentral/konsentrator pada sebuah network.

Hal ini membuat switch adalah perangkat yang lebih cerdas daripada hub (yang menerima pesan dan kemudian mengirimkan ke semua perangkat lain pada jaringan) karena dapat mengecek frame yang error dan langsung membloknya. Switch jaringan memainkan peran integral dalam kebanyakan jaringan area lokal yang modern Ethernet (LAN). Mid-to-LAN berukuran besar mengandung sejumlah switch dikelola terkait. Kantor kecil / rumah kantor (SOHO) aplikasi biasanya menggunakan switch tunggal, atau semua tujuan-perangkat konvergensi seperti residental gateway untuk mengakses layanan broadband kantor kecil / rumah seperti DSL atau internet kabel.

Dalam sebagian besar kasus, perangkat pengguna akhir berisi router dan komponen yang antarmuka ke teknologi broadband tertentu fisik. Pengguna perangkat juga mungkin termasuk antarmuka telepon untuk VoIP.Ethernet switch beroperasi pada lapisan data link dari model OSI untuk membuat collision domain yang terpisah untuk setiap port switch. Spesifikasi Switch dengan spesifikasi 10/100Mbps akan mengalokasikan 10/100Mbps penuh untuk setiap port nya.

Jadi berapapun jumlah computer yang terhubung, pengguna akan selalu memiliki bandwidth penuh. keunggulannya adalah band with nya tidak terbagi dan memiliki keceoatan 100Mbps sehingga aliran data lebih cepat. 2.3. BRIDGE Pengertian Adalah alat yang dapat menghubungkan sebuah LAN dengan LAN yg lain, apabila keduanya menggunakan teknologi yang sama, misalnya dengan teknologi ethernet.Bridge bekerja pada level data link layer pada model jaringa OSI. Oleh sebab itu, Bridge dapat menyambungkan jaringan yg menggunakan metode transmisi atau medium acces control yg berbeda. Bridge juga mampu mempelajari alamat link pada setiap perangkat yang tersambung dengannya dan mengatur alur frame berdasarkan alamat tersebut.

2.3 BRIDGE
Fungsi Bridge yaitu dapat memisahkan suatu paket data yang harus dikirimkan pada jaringannya sendiri atau pada jaringan yang lain, apabila kedua jaringan terhubung. Bridge dapat berfungsi sebagai router pada jaringan lebih luas. Hal tersebut dinamakan dengan istilah brouter (bridge-router). Bridge juga dapat meng-copy frame data dari suatu jaringan yang lain, asalkan jaringan tersebut msh terhubung. Spesifikasi Bridge bekerja pada lapisan physical layer dan data link layer, sehingga akan mempengaruhi unjuk kerja LAN bila sering terjadi komunikasi sistem yang berada di LAN yang berbeda yang terhubung oleh Bridge.

Kelebihan bridge adalah
 • Dapat menghubungkan tipe jaringan yang berbeda seperti Ethernet dan Fast Ethernet atau tipe jaringan yang sama
• Bridge dapat memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan hanya memperbolehkan proses pengiriman data yang diperlukan oleh bridge.
• Dapat mencegah pesan rusak untuk tak menyebar keluar dari satu segmen.

Kekurangan bridge adalah
tidak memperbolehkan melakukan proses pengiriman selain proses pengiriman data yang dibutuhkan oleh bridge dan tidak dapat menentukan segmen dan sumber jika segmenya sama.

2.4. ROUTER

Pengertian Mikrotik atau router adalah merupakan alat yang di gunakan untuk menghubungkan computer 1 dengan yang lainnya, pada dasarnya computer bisa berhubungan dengan computer lainnya karena adanya IP Address,IP Address merupakan alamat yang di miliki sebuah computer, dengan adanya IP Address tersebut computer dapat berhubungan satu sama lain, IP address yang menghubungkan antara computer haruslah satu segmen atau satu network, tetapi dengan adanya router computer yang memiliki segmen yang berbeda bias berhubungan.

Fungsi
 • Fungsi utama router yaitu menghubungkan beberapa jaringan untuk menyampaikan data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain. Namun router berbeda dengan Switch, karena Switch hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan membentuk LAN (local area network). Sedangkan router digunakan untuk menghubungkan antar satu LAN dengan LAN yang lainnya.

Spesifikasi Router
Contoh:
My Net N900 HD buatan Western Digital menawarkan router model baru yang berbeda dari jenis router yang pernah ada di pasaran. Menggunakan tujuh Gigabit LAN ports dan sebuah fitur FastTrack Plus QoS, My Net N900 HD merupakan router dengan 5GHz band yang tetap mengedepankan performa pada storage. Sebagai sebuah wireless router, My Net N900 menawarkan rata-rata dual 450Mbps Wireless-N data, baik pada model 2,4Ghz maupun pada 5Ghz. My Net N900 bisa menjadi pilihan terbaik Anda yang tengah membutuhkan wireless router terbaik meski perlu dicatat router ini tidak memiliki dukungan 802.11 ac

 Keuntungan menggunakan router pada jaringan adalah :
• Isolasi trafik broadcast. Kemampuan ini memperkecil beban jaringan karena trafik jenis ini dapat diisolasikan pada sebuah LAN saja.
Kerugian Menggunakan Router :
• Tergantung pada protokol. Router yang beroperasi pada lapisan network OSI hanya mampu meneruskan trafik yang sesuai dengan protokol yang diimplementasikan.

2.5.Media Transmisi
Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untukmenghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukanpertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti telepon, komputer, televisi, danradio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti padapesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buahtelepon adalah kabel.

Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yangberbeda-beda dalam pengiriman datanya. Karakteristik media transmisi Karakteristik media transmisi ini bergantung pada: Jenis alat elektronikaData yang digunakan oleh alat elektronika tersebut Tingkat keefektifan dalam pengiriman dataUkuran data yang dikirimka.Guided Transmission MediaGuided transmission media atau media transmisi terpandu merupakan jaringanyang menggunakan sistem kabel.

2.6. NIC (Network Interface Card)
Pengertian NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter.Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

Fungsi Network Interface Card :
• Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan • Mengontrol data flow antara komputer dan sistem kabel
• Menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh computer

2.7. KOMPUTER (HOST)
Pengertian Komputer dalam bahasa inggris disebut to compute yang berarti orang yang sedang menghitung, sedangkan dalam bahasa latin disebut dengan computare yang berarti menghitung. Komputer seperti yang telah kita ketahui merupakan sebuah alat elektronik yang mampu memiliki banyak fungsi dan mampu melakukan banyak tugas.

Sebelumnya pada masa Perang Dunia ke-2 komputer adalah suatu mesin mekanis yang berfungsi untuk melakukan perhitungan operasi aritmatika. Selain itu komputer dapat didefinisikan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling terkoordinasi satu sama lain sehingga dapat menerima data, kemudian mengolah data, dan pada akhirnya akan menghasilkan suatu keluaran yang berupa informasi (Input > Proses > Output).

Fungsi & Kegunaan Komputer
• awal mula fungsi komputer berkaitan dengan pengolahan informasi, di mana pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer sekarang telah dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan masalah aritmatika saja. beberapa kegunaan komputer sekarang ini adalah sebagai berikut.
• termasuk fungsi awal komputer, yaitu melakukan sistem pemprograman dan pemprosesan data. fungsi ini sering diterapkan pada aplikasi-aplikasi sistem informasi termasuk pembuatan sebuah program untuk memudahkan user dalam menjalankan sebuah komputer.
• fungsi yang berkaitan dengan bisnis, seperti memproses informasi keuangan sebuah perusahaan, pendataan karyawan, atau transaksi online, atau sebagai media promosi.
• fungsi multimedia, seperti mengolah foto, atau mengedit video, juga merekam lagu. • fungsi hiburan, seperti menonton film, bermain game, atau mendegarkan lagu.
• membantu proses pengajaran. maksudnya disini adalah dapat membantu dalam proses presentasi dosen/mahasiswa. juga kadang beberapa siswa menggunakan komputer untuk menyimpan catatanya (umumnya dalam bentuk e-book) sebagai ganti buku tulis. serta fungsi lain mempermudah dalam mengerjakan tugas seperti karya ilmiah atau skripsi.
• fungsi sosial. maksudnya adalah dengan komputer kita dapat berinteraksi dengan user lain di belahan dunia manapun, asalkan terkoneksi dengan jaringan internet. Spesifikasi Mid – End Komputer mid-end harganya sedikit mahal namun penggunaanya / fungsinya setingkat lebih tinggi dari komputer low-end. Komputer mid-end dapat digunakan untuk aplikasi pengolahan grafis tingkat menengah.

Contoh spesifikasinya adalah:
• Core i5 750 Box (8M Cache, 2.66 Ghz)
• Biostar T5XE • G.SKILL F3-12800CL7D-4GBRM WDC SATA II 500Gb 32Mb Green
• MSI GTX 275 Twin Frozer OC 896Mb 448Bit DDR3
• Speedpower AX-550-S 550W
• Lite On DVDRW Sata 24x Kelebihan Komputer
• Komputer dapat memilih dan melakukan klafikasi yang tinggi (Accuracy)
• Komputer mampu menyimpan dan mengolah data dan jumlah besar (Capasity)
• Komputer mampu melakukan perhitungan-perhitungan dalam mengolah data dengan kecepatan   tinggi
• Komputer dapat melakukan pekerjaan berdasarkan kondisi yang kita inginkan
• Komputer memiliki daya ingat yang tinggi
• Komputer dapat menghasilkan informasi
• Komputer dapat di pergunakan untuk memindahkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain Kekurangan Komputer
• Komputer tidak dapat beroperasi tanpa intruksi
• Kmputer tidak dapat berperasi tanpa adanya PEMAKAI/USER

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Fungsi Dan Pengertian Peralatan Dasar Jaringan Komputer. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://anggagamers.blogspot.com/2013/02/fungsi-dan-pengertian-peralatan-dasar.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: angga chaniago - Rabu, 27 Februari 2013

Belum ada komentar untuk "Fungsi Dan Pengertian Peralatan Dasar Jaringan Komputer"

Poskan Komentar